Mengatasi Sering Lelah Saat Hamil

Sering merasa lelah saat hamil, adalah suatu perubahan kondisi yang normal ditemukan pada ibu hamil. Hal tersebut disebabkan adanya perubahan secara hormon dan tambahan beban ekstra pada tubuh ibu untuk mengakomodasi kehidupan baru.

Berbicara mengenai kelelahan itu sendiri, ada dua jenis kelelahan yang mungkin dirasakan oleh ibu hamil, yang satu adalah kelelahan fisik dan yang lainnya adalah kelelahan mental. Lalu apa penyebab kelelahan saat hamil?


Lelah saat hamil

Sangat umum bagi ibu untuk mengalami kelelahan di saat hamil. Banyak perubahan yang terjadi pada tubuh saat kehamilan yang disebabkan karena perubahan hormon dan penyesuaian tubuh yang mempersiapkan diri untuk perkembangan bayi.

Lebih banyak energi yang dibutuhkan saat hamil bukan hanya untuk tubuh itu sendiri namun juga untuk bayinya. Jika ibu dihadapkan pada pekerjaan yang menumpuk, ada baiknya untuk meminta bantuan dan atau meminta seseorang untuk menggantikan melakukan pekerjaan untuk ibu.

Mengatasi kelelahan saat hamil

Sangat penting untuk selalu menjaga bentuk tubuh ibu, terutama pada kehamilan di mana ibu membutuhkan asupan makanan untuk dua badan.

Jangan melewatkan makan dan konsumsi banyak makanan bergizi terutama protein dan karbohidrat yang sangat penting untuk menambah energi.

Pastikan bahwa ibu sudah cukup mengkonsumsi kalori yang dianjurkan untuk wanita hamil, yang nilai kebutuhannya lebih dari kebutuhan orang normal, dan pastikan untuk melakukan diet yang seimbang dengan hidrasi yang memadai.

Mengatasi kelelahan emosional

Pastikan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup. Sebelum tidur, biasakan untuk bersantai dan lupakan semua kekhawatiran ibu.

Ibu dapat memutar musik atau menggunakan aromaterapi untuk meningkatkan kualitas tidur. Aromaterapi dikenal sangat membantu untuk mengembalikan energi dan meningkatkan mood anda.

Jika ibu merasakan kelelahan yang sangat, hal yang terbaik yang bisa ibu lakukan adalah menghubungi dan berkonsultasi dengan dokter kehamilan Anda.

Untuk menjaga kondisi dan kebugaran, dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan yang tidak beresiko bagi Ibu dan bayi. Olahraga dengan pola pernafasan dan peregangan yang santai sudah cukup dan aman untuk ibu hamil.

 
Atas