3 Tanda Umum Menjelang Persalinan

Persalinan adalah suatu proses untuk mendorong dan mengeluarkan janin dari dalam rahim ibu. Proses persalinan atau kelahiran bayi ini terjadi di titik saat dimana rahim sang ibu tidak bisa membesar lagi dan janin di dalam rahim sudah siap untuk dapat bertahan hidup di luar rahim ibu. Dan proses persalinan biasanya disertai dengan tanda-tanda persalinan. Apa saja tanda-tanda tersebut? berikut tanda umum menjelang kelahiran bayi

Tanda Menjelang Persalinan

Tanda-tanda yang menunjukan persalinan sudah dekat biasanya muncul beberapa hari sebelum hari kelahiran. Namun tidak jarang juga muncul berminggu-minggu sebelum saat persalinan.

Secara umum, tanda tanda menjelang persalinan semakin dekat ada 3, yaitu terjadinya pembukaan mulut rahim, pecahnya air ketuban dan terjadinya kontraksi otot rahim secara teratur.

Pembukaan mulut rahim.

Pembukaan mulut rahim ditandai dengan keluarnya semacam lendir atau mucus. Warnanya terlihat kemerahan namun terkadang juga terlihat kecoklatan.

Tekstur lendir yang keluar tersebut terlihat seperti ingus yang sangat kental.

Pada kehamilan pertama kalinya, pembukaan mulut rahim biasanya disertai dengan rasa nyeri pada bagian perut dan tidak terasa lagi pada persalinan di kehamilan berikutnya.

Pecahnya air ketuban.

Ketuban adalah cairan yang membungkus janin dan berfungsi melindungi janin. Cairan ketuban secara umum berwarna bening dan tidak berbau.

Saat pecah, cairan ketuban akan terus mengalir sampai proses kelahiran. Segeralah pergi ke rumah sakit jika cairan ketuban telah keluar karena waktu kelahiran tidak akan lama lagi.

Kontraksi otot rahim yang teratur.

Kontraksi tpada otot-otot rahim atau myometrium yang menandai menjelang proses persalinan adalah sebuah proses yang terjadi akibat dari peningkatan hormon oksitosin.

Kontraksi otot rahim terasa seperti rasa mulas disertai nyeri seperti kram perut. Kontraksi ini merupakan sebuah proses penting yang dibutuhkan untuk mendorong janin keluar dari rahim.

Semakin mendekati waktu kelahiran, kontraksi akan terjadi semakin sering dengan durasi waktu yang semakin singkat.

 
Atas