5 Faktor Penyebab Sulit Hamil

Sulit hamil, tentunya hal tersebut memberikan dilema bagi pasangan suami istri yang menjalani usia pernikahan cukup lama namun belum juga dikarunai seorang anak. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab susah hamil, diantaranya adalah faktor kondisi tubuh atau adanya kelainan sel sperma.

Penyebab sulit hamil

Dan berikut penjelasan mengenai faktor-faktor penyebab sulitnya anda untuk hamil.

Kondisi kesehatan

Jenis gangguan kesehatan yang sering menjadi penyebab sulit untuk hamil diantaranya adalah adanya gangguan pada kelenjar tiroid, penyakit hughes dan penyakit yang membuat saluran tuba falopi menjadi tertutup. Konsultasikan dan periksakan diri kepada dokter kandungan anda untuk mendeteksi gangguan kesehatan tersebut dan mendapatkan penanganan secara dini.

Kualitas sperma 

Kualitas sperma memberikan pengaruh yang besar dalam proses kehamilan. Kualitas sperma sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya gangguan atau penyakit kelamin, kebiasaan buruk seperti merokok, dan sering melakukan aktifitas berendam didalam air panas.

Gagalnya pembuahan sel telur

Sel telur yang gagal dibuahi terjadi ketika sperma yang membuahi sel telur tidak dapat menempel atau tertanam dalam rahim. Karena proses pembuahannya gagal maka akan terbawa oleh aliran darah menstruasi pada periode selanjutnya.

Siklus menstruasi yang tidak teratur

Siklus menstruasi yang tidak teratur juga bisa merupakan salah satu faktor penyebab sulitnya anda untuk hamil. Sebaiknya hal ini dikonsultasikan pada dokter, supaya Anda bisa mengetahui kapan masa subur itu terjadi sehingga tidak mengalami pelepasan sel telur pada saat proses pembuahan.

Faktor usia

Usia yang semakin bertambah merupakan hal yang mendasar penyebab sulit hamil. Bukan berarti karena usia bertambah Anda tidak bisa hamil. Kemungkinan untuk hamil ada, namun dengan bertambahnya usia maka peluang hamil akan semakin mengecil.

5 Faktor diatas hanyalah beberapa penyebab sulit hamil, masih banyak faktor lainnya yang dapat mempengaruhi kehamilan ibu.

Untuk anda yang sangat mengidamkan kehamilan, saya rekomendasikan secara khusus, sebuah buku yang ditulis oleh Dr Rosdiana Ramli SPoG, yang sangat mungkin membantu anda untuk segera hamil, silahkan anda klik disini.

 
Atas