18 Tanda dan Gejala Awal Kehamilan

Terlambat menstruasi bukanlah satu-satunya tanda awal kehamilan. Bahkan, ketika Anda menganggap diri Anda masih menstruasi sekalipun, tidak berarti bahwa saat itu Anda tidak hamil . Jadi , apa tanda-tanda awal kehamilan yang benar-benar menunjukkan bahwa Anda sedang benar-benar hamil ?

Tanda awal kehamilan

Segera setelah terjadi pembuahan , tubuh Anda akan menghasilkan sejumlah hormon kehamilan . Hormon-hormon ini bertanggung jawab untuk beberapa perubahan dalam kondisi fisik Anda , bahkan sebelum kehamilan terdeteksi oleh alat uji kehamilan seperti test pack .

Tanda utama kehamilan adalah jika anda tidak mendapatkan menstruasi sekitar 2-3 minggu setelah pembuahan . Namun, tidak adanya menstruasi ( amenorrhea ) juga dapat disebabkan oleh hal-hal lain .

Untuk mendeteksi kehamilan secara pasti, tes urine harus dilakukan agar dokter dapat memperkirakan hari perkiraan lahir dihitung sejak hari pertama haid terakhir.

Selain tidak menstruasi ( amenorrhea ) ada tanda-tanda awal kehamilan yang juga perlu anda kenali, seperti mual , muntah atau biasa disebut morning sickness , perubahan nafsu makan , perubahan pada payudara , dan kelelahan . Di bawah ini Anda dapat membaca seluruh gejala awal pada kehamilan.

  • Bengkak dan sakit di payudara

Nyeri atau kesemutan di payudara adalah salah satu gejala kehamilan yang paling umum. Pada awal kehamilan, payudara akan mengisi dan berubah bentuk karena mempersiapkan diri untuk menghasilkan susu.

Payudara bisa menjadi sangat lembut dan sensitif selama beberapa bulan. Namun, perlu dicatat, tidak semua perempuan hamil mengalami perubahan ini, terutama jika mereka telah menggunakan pil KB. Selain payudara bengkak, salah satu tanda-tanda lain adalah daerah areola menjadi berwarna lebih gelap.

  • Perubahan bentuk tubuh 

Saat akan hamil, pembesaran atau perubahan ukuran tubuh tidak hanya terjadi di bagian perut, namun juga di beberapa daerah lain seperti pantat, paha, dada dan lengan yang biasanya juga akan mengalami pembengkakan.

  • Lebih sering buang air kecil

Selama kehamilan, janin di dalam rahim akan menekan kandung kemih sehingga frekuensi buang air kecil akan meningkat.

  • Mudah merasa lelah

Pada awal kehamilan , Anda akan merasa mudah lelah. Hal ini terjadi karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan kehadiran janin. Peningkatan hormon progesteron juga sering dikaitkan sebagai penyebab mengapa perempuan hamil lebih mudah lelah.
Baca tips mengatasi lelah saat hamil

  • Mual ( morning sickness )

Mual adalah gejala kehamilan yang paling umum dan disebabkan oleh peningkatan hormon HCG ( human chorionic gonadotrophin ) . Peningkatan hormon HCG yang menyebabkan efek pedih pada lapisan perut , menyebabkan mual . Biasanya mual akan hilang ketika Anda memasuki trimester kedua kehamilan . Selain mual , Anda juga merasa lebih sensitif terhadap bau tertentu.
Baca tips mengatasi mual saat hamil

  • Terlambat haid

Salah satu tanda yang paling jelas dari kehamilan adalah terlambat haid . Namun, terlambat haid tidak selalu didefinisikan sebagai kehamilan, karena stres, diet, dan atau gangguan hormonal juga bisa menyebabkan anda terlambat haid. Selain itu, beberapa wanita juga bisa mengalami perdarahan atau bercak ( bintik-bintik darah ) . Segera berkonsultasi dengan dokter jika anda mengalami masalah tersebut
Baca waspadai flek saat hamil

  • Perubahan mood

Wanita hamil memiliki suasana hati yang mudah berubah. Tidak perlu khawatir tentang hal ini karena perubahan tersebut normal dari suasana hati . Perubahan mood tersebut terjadi karena perubahan hormon dalam tubuh Anda secara drastis sebagai reaksi dari tubuh yang sedang menyesuaikan diri dengan kehadiran hormon baru.

  • Munculnya bercak darah

Bintik-bintik darah muncul sebelum waktu menstruasi, biasanya terjadi antara 8-10 hari setelah ovulasi . Bintik-bintik darah yang keluar tersebut disebabkan oleh implantasi ( pendarahan implantasi ) atau lampiran embrio ke dinding rahim . Munculnya bercak darah selama kehamilan kadang-kadang membuat beberapa perempuan mengira sedang mengalami haid.

  • Kram perut 

Kram perut pada kondisi kehamilan akan terjadi secara teratur dan akan berlanjut sampai kehamilan trimester kedua , sampai rahim terletak tepat di tengah dan ditopang oleh panggul

  • Pusing dan sakit kepala

Pusing dan sakit kepala merupakan gangguan yang paling sering dialami oleh wanita hamil dan disebabkan oleh faktor fisik, kelelahan, mual, lapar dan efek dari tekanan darah rendah.

  • Sembelit

Sembelit terjadi karena peningkatan hormon progesteron . Hormon ini selain mengendurkan otot-otot rahim , juga berdampak pada mengendurnya otot dinding usus sehingga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Namun keuntungan dari situasi ini adalah untuk memungkinkan penyerapan nutrisi yang lebih baik selama masa kehamilan

  • Sering meludah ( hipersalivasi )

Ini merupakan tanda-tanda kehamilan yang terjadi karena pengaruh perubahan hormon estrogen , biasanya terjadi pada trimester pertama kehamilan . Kondisi ini biasanya hilang setelah kehamilan trimester kedua .

  • Kenaikan suhu tubuh basal

Saat kehamilan atau ovulasi, suhu tubuh basal ibu akan meningkat. Kondisi ini akan bertahan selama kehamilan dan tidak akan turun ke kondisi sebelum terjadinya ovulasi.

  • Sakit punggung 

Biasanya, ibu mungkin tidak memiliki masalah dengan sakit punggung. Tapi saat hamil, punggung bagian bawah akan sering terasa sakit.

  • Mendadak mengidamkan atau tidak menyenangi makanan tertentu 

Tanpa alasan yang jelas, tiba-tiba Anda benar-benar ingin makanan tertentu, yang sebelumnya mungkin tidak menjadi makanan favorit Anda. Atau sebaliknya, Anda tiba-tiba tidak menyukai suatu jenis makanan

  • Peka terhadap bau

Anda akan menjadi kurang tahan akan bau-bauan, terutama aroma makanan tertentu. Bau dapat membuat Anda mual dan muntah.

  • Gejala PMS 

Anda merasakan gejala PMS yang sama seperti yang Anda rasakan setiap bulan, seperti perut kembung, nyeri punggung, dan nyeri di bagian payudara.

  • Tes kehamilan positif

Hasil tes kehamilan menunjukkan tanda positif.

Mengenali tanda-tanda kehamilan

Apakah tanda kehamilan di atas benar-benar menunjukkan bahwa Anda sedang hamil?
Belum tentu, Anda hanya akan mendapatkan jawaban yang akurat, setelah pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan USG

 
Atas